Senin, 15 Juni 2015

BUSINESS PLAN KERIPIK BAYAM

A.    Pendahuluan
Bisnis rumahan memang selalu menjadi pilihan terbaik bagi pemula yang ingin memulai bisnis dengan modal kecil. Selain untuk bisa meningkatkan pendapatan pribadi dan untuk mencukupi kebutuhan keluarga, kebanyakan dari bisnis rumahan juga ikut membantu terwujudnya bisnis UKM yang bisa mengurangi pengangguran khususnya di lingkungan sekitar.
Produk snack adalah produk makanan sekunder, selingan ataupun camilan. Rasa, kerenyahan, harga yang terjangkau, kemasan yang modern, tahan lama maupun beraneka bentuk dan jenis produk snack merupakan faktor - faktor yang membuat produk snack diminati masyarakat sehingga produk snack mempunyai peluang pasar yang baik.
Masyarakat yang dinamis lebih mudah tertarik dengan produk-produk unik dan modern, namun sangat jarang ditemukan produk snack yang sehat dan mempunyai kandungan gizi di pasaran. Oleh karena itu, perlu dilakukan kegiatan membuat produk pangan dengan memanfaatkan produk pertanian, seperti bayam, hasil pertanian bayam merupakan salah satu bahan nabati yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Bayam mengandung energi sebesar 36 kilokalori, protein 3,5 gram, karbohidrat 6,5 gram, lemak 0,5 gram, kalsium 267 miligram, fosfor 67 miligram, dan zat besi 4 miligram.
Produk snack dari bayam ini diberikan berbagai macam ragam rasa disetiap produk snack bayam yang kami ciptakan, hal tersebut bertujuan untuk menarik konsumen agar tertarik untuk mencoba dan mersakan rasa serta manfaat gizinya.
 B.     Konsumen
Rata-rata penggemar berat makanan keripik bayam adalah kalangan remaja atau anak muda, tak dipungkiri orang dewasa pun banyak yang menyukai keripik bayam tersebut. Anda bisa menjadikannya sebagai target pasar yang sangat potensial, dengan cara menawarkan beberapa level rasa pedas untuk memenuhi permintaan para konsumen.
C.    Memulai Bisnis Keripik Bayam
Untuk menjalankan peluang bisnis ini ada beberapa hal yang penting yang harus disiapkan, antara lain :
1.      Siapkan Modal
Modal merupakan faktor penting dalam memulai usaha sendiri. Banyak orang ingin memulai usaha, namun tak mempunyai modal sehingga tidak jalan. Modal dapat dihasilkan dari : modal sendiri dari hasil menabung, mencari modal dari investor, atau meminjan uang dari bank, dan sistem partnership.
2.      Perluas Networking Anda
Networking dapat menjadi landasan untuk kelangsungan usaha Anda. Anda dapat bergabung dengan komunitas yang terkait dengan jenis usaha Anda. Hal ini dapat Anda lakukan sebelum Anda memulai usaha sendiri, sehingga pada saat Anda mulai memasarkan produk/jasa yang Anda tawarkan, Anda telah memiliki networking yang luas atau juga memperluas jaringan supplier agar bahan baku seperti bayam, terigu didapat dengan harga yang terjangkau dengan kualitas yang baik seperti mencari bayam yang daunnya lebar dan berkualitas.
3.      Rekrut karyawan dengan baik.
Tanpa memedulikan ukuran usaha Anda, pada akhirnya Anda akan merekrut karyawan dari luar. Untuk itu, lakukan proses rekrutmen dengan hati-hati, tanpa tergesa-gesa, dan perlakukan hal tersebut sepenting saat Anda memulai usaha. Sangat disayangkan sikap pemilik usaha yang punya visi untuk usahanya, tapi merekrut karyawan yang justru menghalanginya meraih visi tersebut.

4. Jual kelebihannya, bukan harganya.
Saat Anda memulai usaha, sudah sewajarnya Anda frustasi memasarkannya.Tapi, jika Anda bersaing pada harga, Anda pada akhirnya kan menjual dengan harga pas-pasan atau bahkan di bawah modal. Kuasai keahlian berkomunikasi dengan pelanggan, untuk menjelaskan bahwa harga produk Anda lebih tinggi karena memiliki nilai yang lebih baik. Kualiats produk Anda pun tak kalah penting untuk diperhatikan maka jadikan produk tersebut memiliki kualitas yang tinggi  tetapi dengan harga pasaran.
D.    Keuntungan Bisnis Keripik Bayam
Pola hidup masyarakat Indonesia umumnya konsumtif sehingga usaha di bidang makan ringan cukup menjanjikan. Keripik bayam tergolong cemilan model baru di masyarakat di bandingkan keripik lainya seperti singkong dan pisang. Namun soal rasa tak kalah gurih dan renyah dengan lainya. Ketersediaan bahan baku utama berupa daun bayam dan cara pengolahanya tidaklah susah, berbeda dengan keripik lainya yang musti diiris tipis-tipis, cara pembuatan keripik ini cukup mencelupkan daun bayam ke adonan tepung lalu menggorengnya. Selain itu dapat meraup keuntungan yang lumayan banyak.
E.     Kendala Bisnis Keripik Bayam
Kendala usaha yang biasanya ditemui para produsen keripik bayam adalah sulitnya mendapatkan persediaan bahan baku bayam yang benar-benar berkualitas bagus. Persediaannya yang kurang stabil membuat harga bahan baku tersebut cenderung naik turun, sehingga para pelaku usaha harus pintar-pintar menyiasatinya tanpa harus menaikan harga jual produk ke pasaran. Selain itu, kendala berikutnya yaitu adanya persaingan pasar yang cukup ketat. Sekarang ini jumlah produsen keripik bayam  sudah cukup banyak di pasaran, sehingga para pelaku usaha dituntut untuk menghasilkan cita rasa yang lezat dan melengkapinya dengan kemasan yang bisa menarik perhatian konsumen.
F.     Strategi Pemasaran
Strategi pemasarannya selain melalui mouth to mouth kepada relasi, atau dengan mempromosikan produk ini dengan menyesuaikan kemajuan tekhnologi informasi. Banyaknya masyarakat yang memiliki akun jejaring sosial menjadi salah satu kesempatan untuk mempromosikannya lewat jejaring sosial, seperti facebook, blackberry messenger, twitter, blog dan email. Dapat pula melakukan kerjasama dengan organisasi mahasiswa di setiap event. Selain pemberian bonus gratis satu bungkus Crispy Yamin Bayem untuk setiap pembelian 10 bungkus. Kemasan pun harus memili daya tarik tersendiri seperti memiliki logo dan warna banner yang eye catching sehingga dapat menarik pengunjung. Tempat yang strategis membuat konsumen tertarik untuk datang dan kembali lagi memesan produk tersebut.
Target pasar jangka panjang adalah memberikan produk yang inovatif, variatif, dan bergizi, terjangkau harganya, dan  berkelanjutan bagi mahasiswa, pegawai,  dan masyarakat sehingga jika memungkinkan produk keripik bayam tersebut bisa diproduksi masal skala produksi pabrikan.
G.    Kunci Sukses
Dalam menjalankan bisnis keripik bayam, yang terpenting adalah menjaga kualitas cita rasa yang ditawarkan dan menjamin kerenyahan keripik yang dihasilkan. Kedua hal tersebut menjadi faktor penentu kualitas keripik bayam yang Anda tawarkan kepada para konsumen. Kemudian, dukung kualitas produk Anda dengan strategi pengemasan produk yang menarik. Hal ini penting untuk menarik perhatian konsumen dan menjadi salah satu alat bagi mereka untuk membedakan produk Anda dengan produk lainnya milik kompetitor.
H.     Analisa Ekonomi
Aspek Keuangan (Finansial)
Investasi Awal                                                                       Rp. 10.000.000,-
Kebutuhan :
a.       Peralatan penggorengan                                              Rp.    500.000,-
b.      Sewa tempat usaha 1 tahun                            Rp. 3.000.000,-
c.       Pengadaan Listrik dan air                                           Rp. 1.000.000,-
d.      Mesin produksi                                                           Rp. 1.000.000,-
e.       Plastik pembungkus                                        Rp.    500.000,-   
f.       2 Kompor gas                                                  Rp.    800.000,-
g.      5 Panci                                                                        Rp.    300.000,-
h.      10 Toples                                                                     Rp.    350.000,-
i.        5 Tampah                                                                    Rp.    100.000,-
j.        1 Meja kerja                                                    Rp.    500.000,-
k.      2 Tabung Gas 3 Kg                                         Rp.    100.000,-
l.        3 Seragam memasak x Rp. 100.000,-              Rp.    300.000,-
m.    Publikasi (Banner, Spanduk dll)                                 Rp.    650.000,-
n.      Timbangan digital                                                       Rp.    400.000,-
o.      Lain-lain                                                                      Rp.    195.000,- +
                        TOTAL                                                          Rp. 9.695.000
Bahan-bahan (Per bulan)
a.       Bayam                                                             Rp.     200.000,-
b.      8 Kg Tepung terigu                                         Rp.      0.000,-
c.       1 Kg Tepng kanji                                                        Rp.      10.000,-
d.      2 Kg Tepung beras                                          Rp.      25.000,-
e.       Santan                                                             Rp.      30.000,-
f.       2 Kg  Telur                                                      Rp.      30.000,-
g.      5 Kg Minyak goreng                                       Rp.      60,000,-
h.      Bumbu  aneka  rasa                                         Rp.       50.000,-  +
                        TOTAL                                                          Rp.    305.000,-

            Total   Rp.9.695.000 + Rp. 305.000             =          Rp.10.000.000,-


Perhitungan Usaha dan Asumsi Pendapatan

a.    Pendapatan kotor dalam satu bulan
Penjualan min. 50pcs/hari x @ Rp. 6.000,-x 30 Hari         Rp. 9.000.000,-
Total Pendapatan Kotor Satu Bulan                              Rp. 9.000.000,-
b.  Biaya Bahan Baku Satu Bulan
50 pcs  x @ Rp. 43.600,- x 30 Hari                                        Rp.,-
c.  Biaya Operasional
Upah Karyawan Rp. 2.250.000,-/ Bulan x 5orang                 Rp.   700.000,-
Sewa Tempat/Bulan                                                                Rp.   250.000,-
Total Biaya                                                                            Rp.3.200.000,-

Laba Bersih Per Bulan
(Pendapatan Kotor – Biaya Bahan Baku dan Biaya Oprasional)

(Rp. 6.750.000 - Rp. 3.200.000)                                =          Rp.  3.550.000,- 
Break Even Point atau Balik Modal
(Investasi Awal/Laba Bersih Per Bulan)                     =          4-5 Bulan

Semoga informasi peluang usaha keripik bayam ini bisa bermanfaat bagi para pembaca, dan menjadi inspirasi bisnis bagi Anda yang sedang bingung untuk memulai sebuah usaha. Ciptakan peluang baru bagi bisnis Anda, dan datangkan untung sebesar-besarnya. Mulai dari yang kecil, mulai dari yang mudah, mulai dari sekarang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar